Dari Aku Untuk Kamu

Posted: September 10, 2008 in Dari Aku Untuk Kamu
Tag:, , , ,

Dari Aku Untuk Kamu

Sebagai remaja Bali khususnya dan sebagai remaja Indonesia pada khususnya, saya merasa prihatin dengan kondisi remaja saat ini. Dengan adanya pengaruh dari modernisasi dan westernisasi, tampaknya hanya sebagian kecil remaja yang bangga menjadi remaja Bali. Saya sebagai remaja yang ada di lingkungan yang kurang kondusif membuat diri saya sempat rendah diri. Namun dengan keteguhan hati saya dan adanya dukungan dari keluarga saya, saya akhirnya bangga menjadi remaja Bali yang sering dikatakan “kampungan karena saya tidak suka pakai pakaian seksi dan dikatakan tidak gaul karena saya tidak pergi ke tempat-tempat untuk pesta bersama teman-teman. Terkadang yang saya bisa lakukan hanya tersenyum ketika teman-teman menceritakan pengalaman mereka mengenai kemajuan jaman teknologi dan budaya luar yang mereka anggap gaul.

Apa sebenarnya makna gaul di mata remaja? Berpakaian seksi? Ataukah jalan-jalan ke mall dan membeli brang bermerk yang dapat disombongkan?Remaja Bali? Seperti apakah kau menjadi? Saya hanya bagaikan rumput yang selalu tersisih, yang tiap kali memperhatikanmengenai kehidupan mereka. Beberapa teman saya menjadi nominasi siswa berbudi pekerti padahal tingkah lakunya berbanding terbalik. Beberapa teman saya rajin sembahyang padahal sempat saya pergoki sedang bermesraan di tempat sepi. Beberapa teman saya menajdi pemenang putri ajeg Bali,padahal setiap belajar Bahasa Bali dan mejejahitan selalu saya yang mengerjakannya. Sesungguhnya apa arti remaja Bali yang berkeinginan untuk memperbaiki daerahnya padahal untuk berprestasi pun tak ada kesempatan? Terkadang saya selalu bertanya, apa saya salah bersikap ataukah alam semesta memang belum berpihak pada saya? Saya tidak mampu menjawabnya,saya hanya mampu berpasrah diri dan memperkuat iman serta kekuatan diri sendiri. Semoga dengan adanya secercah saja kebaikan di dunia ini,akan muncul generasi muda yang benar-benar dapat mengembalikan Baliku seperti dahulu kala…

Tinggalkan Balasan

