Apa Kata Kelompok Siswa Peduli AIDS???

Posted: September 11, 2008 in Apa Kata Kelompok Siswa Peduli AIDS???
Tag:

Apa Kata Kelompok Siswa Peduli AIDS???

Akhir-akhir ini begitu banyak kasus narkoba dan HIV/AIDS yang kita temui. Semakin hari semakin marak saja kabar tentang narkoba dan HIV/AIDS. Hal ini sering terjadi di kalangan para remaja. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita perlu mempelajari segala hal tentang narkoba dan HIV/AIDS.

AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya system kekebalan tubuh oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai syndrome Cacat Kekebalan Tubuh Dapatan.

Kasus AIDS pertama kali ditemukan di kalangan Homoseksual di New York pada tahun 1981 sebagai kasus dengan gejala tumor ganas dan radang paru. Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyatakan kasus AIDS pertama kali di Indonesia ditemukan pada seorang warga Belanda pada bulan April 1987 di RSUP Sanglah, Denpasar.

HIV dapat ditularkan melalui media : cairan darah, cairan sperma, cairan vagina, air susu ibu, air liur (3 galon = 1 virus) dan cairan otak. HIV tidak terdapat pada air mata, air kencing, tinja, atau muntahan.

Virus HIV tidak dapat menular melalui : berpelukan sosial, berjabat tangan, pemakaian toilet, wastafel atau kamar mandi bersama, di kolam renang, gigitan nyamuk atau serangga lain, membuang ingus, batuk atau meludah, pemakaian alat makan bersama-sama.

Begitu banyak cara dalam penularan HIV, misalnya : melalui hubungan seks (anal, oral atau vagina) dengan orang yang terinfeksi, melalui tranfusi darah atau transplantasi organ, melalui jarum suntik, tindik, tato, atau bias juga ibu hamil kepada anak yang dikandungnya.

Orang-orang yang terkena HIV tidak begitu saja mengetahui bahwa mereka mengidap HIV, terlebih dahulu ada gejala-gejala yang perlu kita ketahui yaitu keringat dingin pada malam hari, bercak –bercak merah pada seluruh tubuh dan sebagainya.

Dari informasi di atas tentu dapat kita bayangkan begitu buruknya dampak dari HIV tersebut. Dan hal tersebut harus kita hindari. Cara-cara pencegahan HIV adalah Abstainence of sex (tidak melakukan hubungan seks), Be faithful (bersikap saling setia), Condom (menggunakan kondom saat berhubungan seks), Don’t inject (tidak menggunakan jarum suntik sembarangan tanpa disterilkan) dan yang terpenting yaitu Education (pendidikan tentang HIV).

Di Indonesia begitu banyak korban-korban dari penyakit mengerikan ini. Mereka biasa disebut ODHA. Walaupun telah positif terjangkit HIV, sebaiknya kita tidaklah menjauhi mereka, melainkan menuntun mereka beribadah dan memperlakukannya secara manusiawi.

Siswa-siswi pada tingkat SMP dan SMA telah sedikit banyak mengetahui tentang hal seperti disebutkan di atas. Lebih dari itu, patutlah bagi kita untuk saling membentengi diri dari pengaruh-pengaruh atau ajakan yang bernilai negatif agar tidak terjerumus kepada pergaulan yang buruk.

Di SMA Negeri 4 Denpasar, telah berdiri sebuah organisasi, di mana organisasi tersebut dapat membantu para siswanya untuk belajar dan membentengi diri dari pergaulan narkoba serta HIV/AIDS, organisasi tersebut adalah KSPAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba).

KSPAN-4 berdiri pada tanggal 29 Desember 1999 dan diprakarsai oleh ” Kak Siska V ”. Pembina KSPAN-4 adalah Drs. A.A Ketut Sujana. Adapun program-program yang dilaksanakan oleh KSPAN-4 antara lain : Pelatihan getok tular, Jejak KSPAN, Sandiwara radio, Kording KSPAN / Pojok AIDS, Tutor Sebaya, Jejak KSPAN, dan KIBAR KSPAN (Kemah Ilmiah Bakti Remaja)

Ya, untuk itu marilah kita semua sesama remaja yang sehat dan berprestasi saling menjaga diri agar terhindar dari hal-hal negatif yang dapat menjerumuskan ke dalam pergaulan narkoba dan HIV/AIDS. Tidak hanya anggota KSPAN saja, tetapi kita semua sebagai remaja Indonesia yang memiliki masa depan. Say No To Drugs and Free Sex ya !

(KSPAN SMAN 4 DENPASAR)

Komentar
  1. Rizki kurniawan mengatakan:

    Wah2, bgus sekali inf0rmasinya ya…

    Salam kenal ya, saya jg dulunya Angg0ta KSPA (kelompok siswa peduli aids) tpi yg ada di pekanbaru,Riau..

    Sekarang saya udh kuliah di bandung,, qt bisa sharing jg nie kya nya,, ttg hiv/aids, narkoba, maupun eksistensi ekskul KSPA/KSPAN ini…

    Qey😉

  2. reeluppy mengatakan:

    salam kenal… maaf br bls komentnyaa slhkan email sja…^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s