Gempa Dahsyat Menggoncang, Amankah Remaja Bali?

Posted: September 11, 2008 in Gempa Dahsyat Menggoncang
Tag:, ,

Gempa Dahsyat Menggoncang, Amankah Remaja Bali?

Remaja Bali yang merupakan generasi muda dari pulau yang sarat akan modernisasi ini tak dapat benar-benar dikatakan sehat dan aman. Masuknya budaya Barat yang tidak diimbangi dengan sikap dan mental yang sesuai membuat terjadinya peristiwa nan mendebarkan. AIDS bukan lagi merupakan penyakit yang asing di telinga kita. Penyakit yang disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus) ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Namun kini, remaja pun belum bisa dikatakan aman dari jangkauan penyakit ini.

Bagaimana tidak? Penularan AIDS sebagian besar melalui hubungan seks dan penggunaan alat suntik yang tercemar, terutama pada pemakai narkotika suntik. Sementara dengan buruknya mental remaja saat ini, seks bebas semakin meningkat. Begitu pula dengan penggunaan narkoba yang angkanya semakin membesar.

Saat ini, Indonesia tercatat sebagai Negara dengan penyebaran HIV dan AIDS tercepat di Indonesia. Sementara di Bali sendiri, hingga Juli tahun ini, penderita HIV/AIDS diestimasi mencapai 2.208 lebih, berdasarkan kelompok resiko dan jenis kelamin, tercatat sejak 1987.

Angka yang besar inilah yang kini menjadi masalah kita bersama. Bukan hanya pemerintah, namun kita pun juga wajib untuk turut serta mencegah penyebaran penyakit ini. Sebab tidak sedikit orang yang sudah terjangkit kemudian meninggal dunia.

Usaha pencegahan memang mulai timbul di tengah – tengah masyarakat. Yang cukup membanggakan lagi adalah turut sertanya para remaja untuk mencegah penyebaran AIDS. Bahkan lembaga pendidikan pun mendukung adanya usaha – usaha ini.

KSPAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba) merupakan satu contoh usaha yang kini mudah ditemukan di setiap sekolah. Berdirinya organisasi ini tidak lain adalah dengan tujuan di atas, yaitu mencegah meluasnya HIV/AIDS dengan memperkenalkan sejak awal serba – serbi AIDS kepada warga sekolah, khususnya pada siswa sebagai remaja yang masih berada dalam masa rawan.

Sebagai remaja Bali, saya mendukung berdirinya organisasi ini serta berbagai kegiatan di dalamnya. Karena meskipun apa yang dilakukan para anggota KSPAN ini terlihat kecil, namun setelah mereka terjun ke masyarakat, apa yang mereka lakukan akan sangat berguna nantinya. Paling tidak, mereka telah mencoba dan melakukan apa yang bisa mereka lakukan sekarang.

Saya juga berpendapat bahwa apapun yang dicoba pasti akan membuahkan hasil. Begitu juga halnya dengan masalah ini. Jika kita sebagai remaja bali, memiliki kesadaran sendiri untuk menjauhi narkoba, sex bebas, atau hal – hal lain yang mendukung penyebaran HIV/AIDS, pastinya angka penderita HIV/AIDS dapat ditekan. Apalagi dengan hubungan harmonis di antara masyarakat, akan sangat membantu suksesnya acara ini. Sebab faktor lingkungan juga tidak bisa disepelekan, di mana dengan lingkungan yang baik, akan tercipta mental remaja yang baik pula. Yaitu jiwa yang anti narkoba dan sex bebas. Bali yang merupakan pulau seribu pura, jangan biarkan menjadi pulau seribu AIDS!!!

Rima/

Lanalana.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s