Dari Sekedar Sampah,Akhirnya Menjadi Semen

Posted: September 12, 2008 in Dari Sekedar Sampah Akhirnya Menjadi Semen
Tag:, , ,

Dari Sekedar Sampah,Akhirnya Menjadi Semen

Kini Jepang telah berhasil mengubah sampah menjadi produk semen yang kemudian dinamakan ekosemen.

Diawali penelitian tahun 1992 yang dibiayai Development Bank of Japan, para peneliti Jepang telah meneliti kemungkinan abu hasil pembakaran sampah, endapan air kotor dijadikan menjadi bahan semen. Dari hasil penelitian diketahui, abu hasil pembakaran sampah mengandung unsur yang sama dengan bahan dasar semen pada umumnya. Pada 1998, setelah melalui proses uji kelayakan akhirnya pabrik pertama di dunia yang mengubah sampah menjadi semen di dirikan di Chiba. Berdasarkan penelitian semen tersebut memiliki kualitas yang sama baiknya dengan semen biasa. Dengan adanya pengolahan tersebut dapat menambah alternatif pengolahan sampah dan sampah tidak akan menjadi masalah lagi di dunia.

Bagaimana dengan Indonesia??? Sungguh sangat penting bila kita kembangkan di Indonesia. Teknologi ini dapat mempermudah pengolahan sampah. Misalnya saja di Jakarta, sampah yang dihasilkan saja mencapai 6000 ton per harinya!!! Bukankah itu dapat mempengaruhi kesehatan dan lingkungan kita?

Jika dihubungkan dengan keuntungan, keuntungan yang diperoleh menguntungkan kedua belah pihak antara pemerintah dan industri. Jepang yang merupakan negara yang maju akan industri dapat membantu permasalahan dunia akan sampah, mengapa Indonesia tidak mengadopsinya saja? Apakah SDM Indonesia yang kurang berkualitas ataukah pemerintah yang sibuk mengambil kekayaan tak terbatas???

Kita dapat tanyakan pada rumput yang bergoyang,apakah rumput sedang bergoyang dangdut ataukah keroncong….. Mari kita tanyakan rumput itu esok hari!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s