Duo Kotak Hijau di FOURSMA Denpasar

Posted: September 12, 2008 in Duo Kotak Hijau di Foursma
Tag:, , , ,

Duo Kotak Hijau di FOURSMA Denpasar

“Mmm… sampah organik atau anorganik yah??” Sudah dari bulan Maret 2008 kita melihat duo kotak hijau berada di sudut-sudut strategis SMA Negeri 4 Denpasar. Dan tanpa disadari, keberadaan duo kotak ini membuat kita berpikir panjang untuk memilah sebelum membuang sampah. Meski tidak sedikit juga yang membuang sampah di kotak yang tidak tepat.

Pemisahan sampah plastik mulai membudaya di Foursma. Usaha ini digawangi oleh anak-anak Siswa Pecinta Alam Bhuana Yasa.

” Sebenarnya program ini sudah direncanakan sejak dahulu oleh pihak sekolah, namun bisa terselenggara sekarang oleh angkatan 18 SISPALA!” tukas Riska, Ketua Panitia Program pemisahan sampah plastik dengan bangga.

Ternyata cukup sulit untuk mulai membudidayakan pemisahan sampah organik dengan anorganik. Buktinya, masih banyak siswa yang tidak memanfaatkan fasilitas ini. Siswa masih bingung untuk mengklasifikasikan sampah yang akan dibuang.

“Aduh! aku masih bingung juga kalau mau buang sampah mesti ke kotak yang mana….”,tutur Intan salah satu siswa kelas X di Foursma. Diperlukan kerja keras untuk benar-benar mengklasifikasikan sampah tersebut. Anak-anak Sispala Foursma harus rela meluangkan waktu mereka setiap siang hari untuk membongkar dan memilah sampah agar sesuai dengan tempatnya.

“Kita memiliki jadwal piket tentang siapa saja yang bertugas untuk memilah sampah”, tambah Riska. Selain itu anak-anak Sispala Foursma juga membersihkan tong sampah tersebut sebulan sekali. Untungnya program ini tidak berjalan sia-sia, buktinya hasil penjualan sampah plastik dapat menghasilkan tambahan uang untuk kas Sispala Bhuana Yasa. Sampah yang paling mahal adalah sampah kaleng. Namun sayangnya walaupun sudah diklasifikasikan, di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) seluruh sampah tersebut tetap menjadi satu.

Pembudayaan ini akan dikembangkan dan dilaksanakan dalam perjalanan Foursma Denpasar. Semoga program ini dapat menjadi tonggak kepedulian akan lingkungan kita yang cukup memprihatinkan ini. Jaga lingkungan Bali, agar tetap Bersih Aman Lestari Indah.

Komentar
  1. kholista (alumni angk 22 ) mengatakan:

    maju terus foursma!!!!!!!!!!!!!!
    tetep jaga hormat ma seniornya yaaaaaa…..!!!
    jangan campah OK!!!!!!!!!!!!!

  2. reeluppy mengatakan:

    yeeeeeeeeee go foursma……….. gag nyampah kok kak…….,,,,ni kk sapa y rima ni angkatan 25…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s