TREND TERKINI REMAJA SEKS PRA NIKAH, BENARKAH???

Posted: September 12, 2008 in TREND TERKINI REMAJA SEKS PRA NIKAH
Tag:, ,

TREND TERKINI REMAJA SEKS PRA NIKAH, BENARKAH???

SEKS… Kata orang itu adalah lingkaran tanpa batas awal dan akhir. Makin dicoba akan terus dilakukan dan membuat ketergantungan hingga tak mampu lagi lepas dari lingkaran setan!

Hubungan intim atau perilaku seksual ialah perilaku yang melibatkan sentuhan secara fisik anggota badan antara pria dan wanita yang telah mencapai pada tahap hubungan intim, yang biasanya dilakukan oleh pasangan suami istri. Sedangkan perilaku seks pranikah merupakan perilaku seks yang dilakukan tanpa melalui proses pernikahan yang resmi menurut hukum maupun menurut agama dan kepercayaan masing-masing individu.

Adanya beberapa faktor yang membuat kejadian ini terjadi. faktor internal dan eksternal.
Motivasi merupakan penggerak perilaku. Pada seorang remaja, perilaku seks pranikah tersebut dapat dimotivasi oleh rasa sayang dan cinta dengan didominasi oleh perasaan kedekatan dan gairah yang tinggi terhadap pasangannya, tanpa disertai komitmen yang jelas (menurut Sternberg hal ini dinamakan romantic love); atau karena pengaruh kelompok (konformitas), dimana remaja tersebut ingin menjadi bagian dari kelompoknya dengan mengikuti norma-norma yang telah dianut oleh kelompoknya, dalam hal ini kelompoknya telah melakukan perilaku seks pranikah. Biasanya di jaman seperti ini memang begitu karena teradopsi dari luar negeri.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi seorang remaja melakukan seks pranikah karena ia didorong oleh rasa ingin tahu yang besar untuk mencoba segala hal yang belum diketahui. Hal tersebut merupakan ciri-ciri remaja pada umumnya, mereka ingin mengetahui banyak hal yang hanya dapat dipuaskan serta diwujudkannya melalui pengalaman mereka sendiri, “Learning by doing, We always doing and always learning”.

Tidak lupa dari faktor televisi dan media elektronik hingga internet menjadi faktor penting dalam terjadinya trendsetter seks pranikah. Orang tua yang semestinya mengerti dan mau memahami mungkin dapat belajar untuk share dengan putra putrinya tentang pendidikan seks sedari dini disertai pendidikan agama yang cukup kuat.

-Trendsetter by Young Generation-

Semoga saja bukan seks pranikah namun trendsetter fashion, rambut, musik, pendidikan dan hal positif lainnya.

Komentar
  1. noodleholic mengatakan:

    Hey, there! Nice blog!

    Saya tertarik membaca ini: “Adanya beberapa faktor yang membuat kejadian ini terjadi.”

    Yakin, nggak, seks pranikah itu memang suatu “kejadian yang terjadi”? Saya nggak setuju, lho! Kalau dari pandangan saya, yang namanya seks itu suatu “tindakan yang dilakukan”. Apalagi yang dibicarakan di sini adalah hubungan seks antara remaja yang belum menikah, dan secara umum tindakan kekerasan seksual tidak termasuk di dalamnya. Sehingga jelas di sini bahwa yang menjadi topik adalah bahwa ada remaja-remaja yang terdorong untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangannya karena pilihan mereka sendiri (berasumsi berdasarkan konteks artikelnya). Nggak peduli tekanan seperti apa yang mereka dapatkan, keputusan terakhir ada di tangan mereka.

    Nah, ditambah lagi ini: “SEKS… Kata orang itu adalah lingkaran tanpa batas awal dan akhir. Makin dicoba akan terus dilakukan dan membuat ketergantungan hingga tak mampu lagi lepas dari lingkaran setan!”
    Apa benar orang-orang berkata demikian? Ini pertama kalinya saya membacanya, lho. Sebelumnya pernah dengar gosip dari teman yang mendengar dari teman kalau ada teman lain yang mencoba sekali dan jadi ingin terus. Tetapi, rasanya itu nggak valid, deh.

    Anyway, yang mau saya bilang tadi, kalau orang mengalami ketergantungan untuk melakukan hubungan seksual, rasanya ini sudah tergolong kondisi yang abnormal. Dan apakah benar perilaku seksual merupakan “lingkaran setan”? Maksudnya siklus yang tidak ada akhirnya, kan? Tetapi saya kurang mengerti maksudnya dalam artikel ini.

    Terakhir, rasanya ini perlu ditekankan. Perilaku seksual itu sesuatu yang normal, it’s part of being human! Tetapi ada waktu dan tempatnya. Jika keyakinanmu berkata bahwa hubungan seks sebelum pernikahan adalah dosa, lakukanlah setelah menikah. Jika tidak, menurut saya pribadi bukan merupakan masalah jika dilakukan, asal dengan penuh kesadaran, pengertian dan kesepakatan di antara kedua pasangan, dan tentunya dilakukan secara bertanggung jawab. Bukannya mau menjerumuskan remaja, lho. Tetapi saya ingin menekankan bahwa melakukan hubungan seksual itu harus berdasarkan keputusan yang dilakukan secara sadar, supaya tahu apa yang dilakukan dan tidak membuat pasangan menjadi tidak nyaman dan dilakukan secara aman. Sehingga konsekuensinya pun bersifat yang tidak merugikan.

    Daripada mempermasalahkan hubungan seksual di luar nikah, menurut saya yang seharusnya menjadi prioritas untuk dibicarakan adalah hubungan seksual yang berganti-ganti pasangan (free sex) dan hubungan seksual yang tidak aman (unsafe sex).

    Tapi itu pendapat saya, aja! Thanks kalau udah baca. And keep up the good work with your blog! (Kenapa nggak diperkenalkan ke teman-temanmu? Siapa tahu mereka akan menyebarkan beritak kepada teman-teman mereka! Tapi kalau mau menarik minat teman sebaya, mungkin lebih oke kalau tidak terlalu ilmiah dan lebih sedikit menggunakan data statistik)

    PS. Bukannya mau sok tahu, tapi rasanya lebih tepat kalau: “Proud to be a Successful Young Generation” dan “Just Another Expression of the Young Generation” (from juga bisa, kok!)

    PPS. Melihat banner Lomba Blog Remaja KISARA-mu, saya hanya ingin menekankan bahwa saya bukan dari KISARA dan tidak ada hubugan dengan KISARA. Walaupun tulisan saya mungkin cenderung memberikan penilaian terhadap entry blog-mu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s